Memecahkan Misteri Dibalik EXO “MAMA”

Published July 10, 2012 by Kania Sekar Asih

Baiklah, setelah merilis artikel “MAMA AND ILLUMINATI”, aku terus menonton teaser-teaser EXO. Terkadang aku memutar semua teaser dari teaser ke 1 sampai teaser ke 23 atu menonton ulang teaser yang ingin ku tonton. Tapi tiba-tiba mata ku menangkap hal-hal yang menakjubkan dan sangat menarik dari teaser-teaser itu.

Pertama, soal koreografi lagu MAMA. Sebenarnya, SM sudah membocorkan koreografi dalam teaser-teaser tersebut! Apa kalian bingung? Baiklah, aku akan memberitahu rahasianya.

 

1. Teaser #7 : Sehun dan Kai “Run & Gun”

Lihatlah gambar diatas, apakah kamu melihat bayangan dibelakang Sehun dan Kai? Pertama kali kupikir bayangan-bayangan di 00.38 cukup menyeramkan dengan bayangan-bayangan tersebut dalam posisi berlutut, lalu aku menyadari itu bayangan itu adalah salah satu gerakan dance MAMA yang terkenal!

 

2. Teaser #23 : Kai “Into Your World”

Gerakan tarian oleh Xiumin dan Kai pada 00:30 – 00:31 sangat sama dengan koreografi MAMA saat 03:31.

 

3. Teaser #12 : Lay dan Kai “Two Moons”

Gerakan tarian saat 00:30 sama dengan koreografi MAMA saat 03:24. Tapi untuk nomor 2 dan 3, aku tidak begitu yakin, karena merupakan dua lagu yang berbeda yang seharusnya juga memiliki koreografi yang berbeda bukan?

 

Baiklah, sekarang kita beralih pada arti dibalik “MAMA” dan arti misterius dibalik gerhana yang banyak muncul dalam EXO teasers. Sebenarnya aku sudah membaginya di @iDoKyungSoo, tapi salah satu follower memintaku untuk membaginya di wordpress kami, jadi inilah dia🙂

 

1. Arti dibalik “MAMA”

Yah aku tahu kalian pasti bosan dengan topik ini. Aku telah memberitahu kalian soal ini di artikel  “MAMA and ILLUMINATI” . Tapi ini benar-benar untuk kalian ketahui dengan baik yang satu ini sebelum kalian membaca soal Gerhana.

Jadi, MAMA berarti “Yang Mulia”. Di Korea, rakyat menyebut Raja mereka denga “Jeoa” (contoh: Ya, Yang Mulia = Ye, Jeoa) tapi untuk Ratu, rakyat menyebutnya dengan “Mama” (contoh: Ya, Yang Mulia = Ye, Mama). Juga Ibu Suri yang disebut “Halma-mama” (Halma dari kata Halmoni, yang berarti nenek). Jadi, arti dibalik judul MAMA itu sendiri adalah “Yang Mulia”.

 

2. Arti dibalik Phoenix dan Naga

Kalian sudah pernah melihat munculnya phoenix dan naga di MV MAMA kan?

Ada 2 simbol, naga dan phoenix dan salah satunya melambangkan salah satu grup. EXO-M mendapatkan simbol naga, yang merupakan simbol dari Kris.

Pada saat ini, orang yang tidak mengetahui apa pun mengenai sejarah kuno Cina akan menganggap simbol ini sebagai salah satu simbol Illuminati (Illuminati: sebuah organisasi yang menolak untuk percaya pada Tuhan, mereka ingin membangun dunia yang baru). Tapi percaya atau tidak, dahulu kala di Cina, orang-orang menyimbolkan Rajamereka dengan simbol naga. Mereka percaya bahwa naga adalah makhluk yang suci. Naga melambangkan kesejahteraan, keberuntungan, kekuatan, dan makhluk ajaib. Dan EXO-M mendapatkan lambang naga.

Phoenix adalah simbol dari Ratu Korea. Phoenix juga terdapat pada hanbok Ratu (hanbok: baju tradisional Korea). Hanbok mereka biasanya memiliki desain phoenix.

Phoenix digambarkan sebagai makhluk yang kecantikannya tidak tertandingi. Phoenix bisa merubah bentuk mereka menjadi manusia, dan dilambangkan sebagai kelenturan dari Ratu Korea. Phoenix juga memberikan keberuntungan dan memiliki kekuatan menyembuhkan. EXO-K mendapatkan lambang phoenix.

Jadi, apa hunbungan diantara naga, phoenix, and gerhana pada teaser-teaser EXO?

 

3.  Arti dibalik Gerhana

Kalian pasti pernah melihat gerhana sering muncul dalam teaser-teaser EXO kan? Ya, gerhana ini telah muncul mulai dari teaser ke 8 (Sehun “Black Pearl”), teaser ke 9 (Sehun adan Luhan “Into Your World”), teaser ke 11 (Xiumin dan Kai “Let Out The Beast”), teaser ke 15 (Tao “Metal”), teaser ke 16 (D.O. dan Suho “Reflection I”), teaser ke 17 (Kris “Into Your World”), teaser ke 19 (Baekhyun, Lay, dan Chen “Beautiful), dan gerhana terakhir muncul di teaser ke 20 (Chanyeol “Eldorado”). Dan dari apa yang aku lihat, setiap member EXO dapat melihat gerhana itu.

 

Lalu apa artinya? Apa gerhana menandakan EXO? Apa itu?

Baiklah. Aku akan membagikan sesuatu yang penting.

Jadi liburan kali ini aku menonton drama “The Moon that Embraces the Sun” (yang dimainkan oleh semua aktris dan aktor favorit ku ;A; /sobs) dan untungnya, dari drama ini aku mendapatkan jawaban dari semua pertanyaan ku!

Dalam drama tersebut yang berlatar era Joseon. saat itu rakyat Korea percaya bahwa Raja mereka adalah matahari dan Ratu mereka adalah bulan. Dan kalian tahu jika matahari dan bulan tidak akan pernah di langit yang sama kan? (karena itu Raja dan Ratu Korea tinggal terpisah) Kecuali pada saat terjadi gerhana.

Ketika terjadi gerhana, matahari dan bulan akan berada pada posisis yang sama, pada langit yang sama. Dan hal ini menjadi momen yang sangat menakjubkan dimana Raja dan Ratu pada akhirnya berada dalam satu istana.

 

Jadi? Apakah kalian mulai mengerti maksudnya?

Baiklah. Biar aku perjelas lagi untuk kalian.

 

Jika EXO-M berlambang naga maka

Naga = Raja = EXO-M

dan untuk EXO-K adalah

Phoenix = Ratu = EXO-K

 

Jadi gerhana berarti penyatuan matahari dan bulan. Raja dan Ratu akan menjadi satu. Dan tentu saja, EXO-M dan EXO-K juga akan menjadi satu. Dan para member secara menakjubkan menegaskan dengan meneriakan “We are ONE!”

***

 

Written and arranged by admin C from @iDoKyungSoo.

Translated by me: @kaniasekarasih

 

See original post:

http://dokyungsoo.wordpress.com/2012/07/04/breaking-the-mystery-of-exo-mama/

9 comments on “Memecahkan Misteri Dibalik EXO “MAMA”

  • aku cuma punya satu pertanyaan..kenapa bisa SM Staff menyambungkan artian denag sangat sempurna??maksud saya,,seperti gerhana menjadi we are one,,atau simbol-simbol para member..

  • Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: