Tugas Metode Riset 5

Published October 23, 2011 by Kania Sekar Asih

Pengaruh Promosi Iklan Televisi terhadap Keputusan Pembelian Kecap Bango pada Mahasiswa Universitas Gunadarma

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

3.1  Model Penelitian

Model penelitian dari penelitian ini menggunakan model analisis regresi. Analisis regresi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana variabel bebas mempengaruhi variabel terikat.

3.1.1 Variabel Bebas (X)

Variabel bebas yaitu variabel yang mempengaruhi variabel lain atau yang diselidiki pengaruhnya. Yang menjadi variabel bebas dalam penelitian ini adalah variabel promosi (X1) dan variabel kualitas produk (X2)

3.1.2 Variabel Terikat (Y)

Variabel terikat adalah gejala atau unsur variabel yang dipengaruhi variabel lain. Yang menjadi variabel terikat dari penelitian ini adalah keputusan pembelian kecap Bango (Y).

3.2  Data & Variabel

3.2.1 Data

1. Data Primer

Data primer adalah data yang dikumpulkan dan diperoleh secara langsung dari responden dengan menggunakan kuesioner. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa Universitas Gunadarma.

2. Data Sekunder

Data sekunder adalah data yang diperoleh secara tidak langsung dari objek yang diteliti. Data ini diperoleh dari studi pusaka, majalah, internet dan dokumen yang diperlukan untuk penyusunan penelitian ini.

3.2.2 Variabel

1.  Promosi (X1)

Upaya perusahaan untuk menginformasikan, mempengaruhi, dan membujuk serta mengingatkan pelanggan tentang perusahaan.

2.  Kualitas Produk (X2)

Ukuran relatif suatu barang atau jasa yang dapat memberikan gambaran mengenai seberapa jauh tingkat keunggulan suatu produk mampu memenuhi keinginan pelanggan.

3.  Keputusan Pembelian (Y)

Keputusan yang diambil konsumen untuk melakukan pembelian suatu produk.

3.3  Alat Analisis

3.3.1  Analisis Regresi Berganda

Regresi berganda dilakukan untuk mengetahui sejauh mana variabel bebas mempengaruhi variabel terikat. Pada regresi berganda terdapat satu variabel terikat dan lebih dari satu variabel bebas. Model hubungan keputusan pembelian dengan varibel-variabel tersebut dapat disusun dalam fungsi atau persamaan sebagai berikut:

Y = a + b1X1 + b2X2 + e

Dimana:

Y     : Keputusan pembelian

a      : Konstanta

b1    : Koefisien regresi variabel promosi

b2      : Koefisien regresi variabel kualitas produk

X1   : Promosi

X2   : Kualitas produk

e      : Error

3.3.2  Uji t

Uji t digunakan untuk menguji signifikansi variasi hubungan antara variabel X dan Y, apakah variabel X1, X2 benar-benar berpengaruh secara parsial terhadap variabel Y (keputusan pembelian). Dalam melakukan uji t, digunakan penyusunan hipotesis yang akan diuji, berupa hipotesis nol (H0) dan hipotesis alternatif (Ha):

H0  :  b  = 0, artinya variabel promosi dan kualitas produk tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Ha : b ≠ 0, artinya variabel promosi dan kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kriteria pengambilan keputusan :

–    Level Of Significance α = 0,05

–    Derajat kebebasan (dk) : n-1-k

ttabel = t (α/2;n-1-k)

–    H0 diterima jika thitung < ttabel

–    Ha diterima jika thitung > ttabel

3.3.3  Uji F

Dalam penelitian ini untuk mengetahui tingkat signifikansi pengaruh variabel-variabel independen (bebas) secara bersama-sama (simultan) terhadap variabel dependen (terikat) dilakukan dengan menggunakan uji F test yaitu dengan cara membandingkan antara Fhitung dengan Ftabel.

H0 = b1 = b2 = 0, artinya variabel promosi dan kualitas produk tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Ha ≠ b1 ≠ b2 ≠ 0, artinya variabel promosi dan kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kriteria pengambilan keputusan :

–    Level of significance α = 0,05

–    Derajat kebebasan (dk) : k; n-1-k

Ftabel = F 0,05 ;(k);(n-1-k)

–    H0 diterima jika Fhitung  <  Ftabel

–    Ha diterima jika Fhitung >  Ftabel

3.3.4  Koefisien Determinasi (R²)

Koefisien Determinasi (R²) bertujuan mengukur seberapa jauh kemampuan model dalam menerangkan variasi variabel terikat. Dalam penelitian ini perhitungan koefisien determinasi untuk mengukur seberapa jauh kemampuan variabel-variabel bebas (promosi dan kualitas produk) dalam menjelaskan variabel terikat (keputusan pembelian).

3.4  Cara Pengambilan Data

1.  Wawancara

Yaitu mengadakan tanya-jawab dengan responden maupun pihak-pihak yang terkait.

2.  Kuesioner

Yaitu dengan mengirim daftar pertanyaan untuk diisi oleh responden, disini responden diminta memberikan pendapat atau jawaban pertanyaan-pertanyaan.

3.5  Tahapan Penelitian

Dalam penelitian terdapat beberapa tahap yang harus dilalui yaitu:

1.   Menentukan tema penelitian

2.   Menentukan tujuan penelitian

3.   Menentukan variabel dan hipotesis penelitian

4.   Menentukan populasi dan sampel penelitian

5.   Menentukan alat analisis dan metode  penelitian

6.   Menentukan sumber data penelitian

7.   Melakukan pengambilan data

8.   Mengumpulkan hasil penelitian

9.   Menganalisis hasil penelitian

10. Menentukan kesimpulan penelitian

 

3.6  Populasi &Sampel

3.6.1 Populasi

Populasi adalah keseluruhan obyek penelitian yang terdiri dari manusia dan benda ataupun peristiwa sebagai sumber data yang memiliki karakteristik tertentu dalam penelitian (Sugiyono, 2002: 55). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Gunadarma Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen angkatan 2009 .

3.6.2 Sampel

Sampel adalah sebagian atau wakil populasi yang diteliti (Arikunto, 2002: 109). Menurut Sutrisno Hadi, tidak ada ketetapan mutlak berapa persen suatu sampel harus diambil dari populasi (Sutrisno Hadi, 2004: 81). Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 100 sampel dengan pertimbangan bahwa jumlah tersebut sudah melebihi jumlah sampel minimal dalam penelitian (n = 30). Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Incidental Sampling, yaitu responden yang kebetulan dijumpai atau dapat dijumpai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: