Tugas Metode Riset 3

Published October 9, 2011 by Kania Sekar Asih

Pengaruh Promosi Iklan Televisi terhadap Keputusan Pembelian Kecap Bango pada Mahasiswa Universitas Gunadarma

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1  Latar Belakang

Seiring dengan berjalannya waktu, makin banyak produk yang dihasilkan oleh suatu produsen dalam menciptakan inovasi baru di bidang kuliner. Indonesia terkenal dengan kuliner yang beragam. Mulai dari yang memiliki cita rasa manis, asin, pedas dan gurih.

Dengan berbagai macam cita rasa yang semakin banyak dikenal oleh konsumen, tak terhindari seluruh produsen berlomba-lomba dalam menciptakan cita rasa yang unik yang dapat diingat terus oleh oara konsumen itu jangka waktu yang panjang. Sama hal nya dengan cita rasa manis yang dihasilkan kecap merek tertentu dapat memeikan kepuasan tersendiri pada konsumen di cita rasa yang manisnya.

Selain produknya yang harus memiliki cita rasa yang unik, podusen tersebut harus memiliki pemasaran yang bagus pula untuk menyebarkan produk mereka agar dapat diterima oleh konsumen.

Pemasaran merupakan hal yang penting seiring semakin meningkatnya kebutuhan konsumen akan produk-produk yang berkualitas menjadikan persaingan bisnis semakin ketat untuk bersaing dalam menarik konsumen. Agar perusahaan dapat sukses dalam persaingan yang ketat ini, perusahaan harus mendapatkan dan mempertahankan pelanggannya. Untuk itu peran promosi sangat penting bagi sebuah produk. Promosi dapat mengkomunikasikan sebuah produk dengan tepat sehingga konsumen dapat mengetahui keunggulan produk tersebut hingga akhirnya tertarik untuk mencoba dan melakukan keputusan pembelian pada produk tersebut.

Promosi dapat dilakukan melalui iklan televisi maupun secara bertatap muka langsung dengan konsumen. Promosi dengan iklan lebih menguntungkan dibanding dengan promosi secara bertatap muka langsung dengan konsumen dikarenakan promosi dengan iklan di televisi akan disiarkan di seluruh stasiun tv dan tersiarkan di seluruh pelosok negeri. Dengan begitu produk akan diketahui oleh seluruh masyarakat melalui iklan tersebut.

Hasil penelitian tentang promosi yang mempengaruhi keputusan pembelian telah banyak dilakukan. Pada penelitian ini akan menganalisis pengaruh promosi melalui iklan televisi terhadap keputusan pembelian kecap Bango.

Berdasarkan uraian diatas maka penulis memilih judul “Pengaruh Promosi Iklan Televisi terhadap Keputusan Pembelian Kecap Bango pada Mahasiswa Universitas Gunadarma”.

 

1.2  Masalah

  1. Adakah pengaruh promosi iklan televisi terhadap keputusan pembelian Kecap Bango?
  2. Adakah pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian Kecap Bango?

 

1.3  Tujuan Penelitian

1.Untuk mengetahui pengaruh promosi iklan televisi terhadap keputusan pembelian Kecap Bango.

2. Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian Kecap Bango

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: