Job Description Bagi Bidang Manajemen

Published October 10, 2010 by Kania Sekar Asih

Persyaratan pendidikan berbeda-beda tergantung pada jenis bisnis. Sebagai contoh, manajer umum di perusahaan teknis atau penelitian sering memiliki gelar di bidang sains atau teknik. Pada kebanyakan kasus, kandidat membutuhkan pendidikan perguruan tinggi yang akan disewa untuk program pelatihan eksekutif. Kadang-kadang orang tanpa gelar sarjana bekerja dengan cara mereka sendiri bisa sampai posisi manajemen, termasuk manajer umum. Namun, kebanyakan majikan lebih suka mempekerjakan pelamar yang memiliki setidaknya gelar sarjana dalam administrasi bisnis. Kursus di bidang manajemen, akuntansi, keuangan, dan hubungan industrial akan membuktikan membantu. Beberapa perusahaan besar lebih memilih untuk mengambil trainee manajemen dengan gelar sarjana dalam seni liberal dan gelar master dalam administrasi bisnis (MBA).
Banyak perusahaan memiliki program pelatihan eksekutif.. Dalam program pelatihan banyak calon yang ditugaskan untuk berbagai pekerjaan selama beberapa bulan atau setahun untuk memberi mereka pengalaman di berbagai departemen. Sejauh ini kualifikasi yang paling penting untuk menjadi manajer umum terbukti sukses di posisi manajerial yang lebih rendah.
Posisi manajemen sebagian besar umumnya diisi oleh mempromosikan manajer berpengalaman tingkat rendah. Kadang-kadang posisi tersebut diisi dari luar perusahaan. Mereka yang bergerak naik dari dalam perusahaan biasanya mencapai posisi top-level manajemen dengan kemajuan melalui program pelatihan eksekutif. Sebuah kantor penempatan lulus kuliah dapat menempatkan siswa dalam berhubungan dengan organisasi yang memiliki program pelatihan eksekutif. Individu yang tertarik dapat memeriksa iklan koran dan bank internet pekerjaan untuk pekerjaan di bidang manajemen, teknik industri, atau produksi dan kontrol kualitas. Calon juga dapat menghubungi perusahaan manufaktur besar, utilitas, dan bisnis lainnya secara langsung. Agen tenaga kerja swasta ditujukan untuk para pekerja profesional dan manajerial juga dapat membantu. Perekrut pencarian eksekutif, atau “headhunter,” juga menemukan pekerjaan bagi orang-orang dalam manajemen. Organisasi besar menyewa perekrut profesional untuk mengisi posisi teratas.
Manajer biasanya bekerja di kantor yang nyaman dekat dengan departemen mereka langsung. Banyak manajer umum sering bepergian. Dalam perusahaan nasional mereka harus pergi ke kantor pusat atau untuk berunding dengan manajer dari divisi lain atau pabrik. Hampir seluruh manajer umum bertemu dengan rekan-rekan mereka di perusahaan lain. Beberapa melakukan perjalanan atau tinggal di luar negeri. Mereka dapat dipindahkan dari satu posisi ke posisi lain dalam waktu singkat.
Manajer umum pada perusahaan besar sering bekerja di bawah tekanan. Mereka mungkin bekerja lebih dari 40 jam/ minggu dan diharuskan untuk bersosialisasi untuk bekerja. Manajer umum di perusahaan kecil mungkin menghadapi kurang tekanan.
Manajer umum mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan mereka.. Oleh karena itu, manajer umum harus mampu mendelegasikan tanggung jawab. Mereka harus terampil dalam mempekerjakan manajer menengah yang baik dan memberikan yang jelas, arahan konsisten. Mereka harus mengatur divisi mereka sehingga karyawan tahu persis apa peran masing-masing untuk bermain.
Manajer umum mengambil arah dari eksekutif puncak mereka. Mereka pertama harus memahami rencana secara keseluruhan eksekutif bagi perusahaan. Kemudian mereka menetapkan tujuan khusus untuk departemen mereka sendiri agar sesuai dengan rencana. Manajer umum produksi, misalnya, mungkin harus meningkatkan lini produk tertentu dan fase keluar lain. Umum manajer harus menggambarkan tujuan mereka dengan jelas untuk staf pendukung mereka. Para manajer pengawasan melihat bahwa tujuan tersebut terpenuhi.
Beberapa contoh pekerjaan lain yang menunjukkan berbagai peluang yang tersedia untuk lulusan termasuk analis di pialang saham, manajer utang yang berperforma buruk di bank, manajer trainee dalam fungsi treasury dari sebuah perusahaan internasional, perekrutan tenaga konsultan yang mengkhususkan diri dalam keuangan, dosen universitas belajar untuk PhD.

Referensi:
http://www.google.co.id/#hl=id&source=hp&biw=1280&bih=610&q=job+desc+manajemen+keuangan&aq=f&aqi=&aql=&oq=&gs_rfai=&fp=f6df00c24422336f
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en%7Cid&u=http://careers.stateuniversity.com/pages/212/General-Manager.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: