Tingginya Tingkat Kriminalitas Karena Kurang Lapangan Pekerjaan

Published June 2, 2010 by Kania Sekar Asih

Sewaktu kita masih duduk di sekolah dasar kita diajarkan untuk saling bantu dan saling menghormati, khususnya pada orang yang lebih tua. Kita tentu ingat bahwa salahsatu contoh perilakunya antara lain membantu orang yang menyebrang. Tapi jaman sekarang sepertinya hal itu sudah tidak dilakukan, karena banyak orang yang bersikap tidak mau peduli terhadap apa yang terjadi disekitarnya. Kalau pun kita melakukannya, tentu akan menimbulkan kecurigaan mengapa orang ini mau membantu kita. Karena tingginya tingkat kriminalitas membuat kita was-was setiap ada orang yang tidak kita kenal membantu kita. Salah-salah kita malah jadi korban tindak kejahatan, seperti dicopet, dirampok dan hal-hal lain yang tidak kita inginkan.
Tingginya tingkat kriminalitas dikarenakan kurangnya lapangan pekerjaan dan kurangnya pendidikan di kalangan masyarakat menengah ke bawah. Jangankan seorang tamatan sarjana, seseorang yang tamatan SMA saja belum tentu ada jaminan dapat pekerjaan. Mereka kemudian ingin memulai usahanya sendiri tapi niat mereka terbentur pada masalah keuangan. Akhirnya mereka mulai melakukan tindak-tindak kriminal untuk sekedar menyambung hidup mereka.
Hal-hal seperti itu tidak perlu terjadi kalau pemerintah menyediakan lapangan pekerjaan. Hanya lapangan pekerjaan tentu saja kurang cukup bila tidak ditunjang dengan pendidikan yang memadai. Sekarang sudah banyak beasiswa-beasiswa prestasi yang diberikan pada para siswa dan mahasiswa oleh beberapa perusahaan tertentu dengan jaminan para siswa atau mahasiswa yang mendapatkan beasiswa tersebut akan bekerja di perusahaan tersebut bila sudah menamatkan pendidikannya. Hal ini tentu sangat menguntungkan semua pihak. Pihak perusahaan mendapat tenaga baru untuk memajukan perusahaannya sementara itu hal ini dapat mengurangi tingkat pengangguran yang ada di masyarakat yang juga akan mengurang tingkat kejahatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: