Pergeseran Sumber Daya Manusia

Published June 2, 2010 by Kania Sekar Asih

Pada jaman dahulu manusia dianggap sebagai beban, karena manusia melakukan sesuatu pekerjaan hanya karena ingin mendapat uang sebanyak-banyaknya, jadi sang atasan merasa terbebani dengan harus membayar mahal hasil kerja keras mereka.
Lalu peran manusia berubah yang tadinya manusia yang hanya jadi beban bagi atasannya kemudian menjadi asset atau modal bagi mereka. Contohnya apabila seseorang membuka usaha yang bukan dibidangnya, tentu pengusaha membutuhkan seseorang yang ahli untuk membantunya dalam menjalankan usahanya. Pada saat itulah manusia menjadi asset bagi perusahaannya. Atasan tidak segan-segan memberi bayaran mahal atau bonus pada pegawainya tersebut apabila pegawai tersebut telah membantunya memajukan usahanya. Sehingga pengusaha mulai mengabaikan bayaran yang agak lebih demi membuat pegawai tersebut tetap berada di perusahaannya untuk memajukan usahanya.
Pada masa kini manusia berperan sebagai perencana atau pembuat keputusan. Perubahan lingkungan bisnis yang sangat cepat dan komplek seperti demografi, geografis, jenis bisnis, lingkungan hidup, serta dampak globalisasi, mengharuskan manajemen SDM harus mampu mengantisipasi berbagai perkembangan yang sedang dan akan terjadi, kemudian melakukan berbagai tindakan untuk menjawab tantangan tersebut, yang pada akhirnya dapat menciptakan keunggulan kompetitif yang tidak dimiliki oleh organisasi lainnya, mengingat bentuk-bentuk kompetisi tradisional seperti biaya produksi rendah, peningkatan teknologi, kecepatan distribusi, efisisensi produk serta pengembangan produk yang berkualitas akan mudah ditiru oleh pesaing. Jadi sampai sekarang peran manusia pada manajemen SDM masih sebagai asset.

Referensi:
http://e-course.usu.ac.id/content/manajemen/manajemen0/textbook.pd

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: