Manajemen dalam Belajar

Published June 2, 2010 by Kania Sekar Asih

I. Pendahuluan
Pengertian manajemen didefinisikan dalam berbagai cara, tergantung dari titik pandang, keyakinan serta pengertian dari pembuat definisi. Secara umum pengertia manajemen adalah pengelolaan suatu pengerjan untuk memperoleh hasil dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan dengan cara menggerakkan orang-orang lain untuk bekerja.. Pengelolaan pekerjaan itu terdiri dari bermacam ragam, misalnya berupa pengelolaan industri, pemerintahan, pendidikan, pelayanan sosil olahraga, kesehatan keilmuan, dan lain-lain. Bahkan hampir setiap aspek kehidupan manusia memerlukan pengelolaan. Oleh karena itu, manajemen ada dalam setiap aspek kehidupan manusia dimana terbentuk suatu kerjasama.

II. Pembahasan
Dalam kehidupan sehari-hari kita sebagai mahasiswa atau pelajar tentu erat kaitannya dengan belajar. Dengan belajar kita melalui proses dimana tadinya kita tidak tahu menjadi tahu, tidak mengerti menjadi mengerti.Tetapi sering kita mengalami ketika belajar tapi tidak ada satu pun dari pelajaran tersebut yang masuk ke dalam otak kita. Hal ini bisa dikarenakan kurangnya pengelolaan kita dalam waktu belajar. Usahakan ketika kita mau belajar pikiran kita dalm keadaan tenang, karena pada saat kita tenang saraf-saraf yang ada di otak kita juga akan ikut tenang. Apabila saraf-saraf kita tegang informasi yang akan sampai ke otak akan terhambat atau bahkan di sampai sama sekali. Oleh karena itu, usahakan setiap kita akan belajar tenangkan pikiran dahulu agar mudah mengingat apa yang kita pelajari tadi. Dan juga ketika belajar usahakan untuk rehat sejenak agar otak kita rileks kembali dan kita bisa belajar kembali dengan baik.

III. Penutup
Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa belajar itu sebenarnya tidak begitu sulit apabila dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan dengan pikiran yang tenang. Oleh karena itu, bila kita mendapat nilai jelek saat ujian padahal kita sudah belajar, jangan anggap diri kita bodoh. Hal ini dikarenakan kita tidak bisa mengatur cara belajar kita. Karena itu kita harus mengatur suasana belajar kita untuk mendapatkan hasil yang optimal.

IV. Referensi
Yayat M.Herujito, Dasar-dasar Manajemen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: